Intip 4 Tren Business Messaging yang Bakal Booming di 2024

JEDI Business Messaging Trend

Business messaging telah menjadi alat komunikasi penting dalam strategi pemasaran bisnis. Ini memungkinkan perusahaan berinteraksi dengan pelanggan melalui platform chat seperti WhatsApp, SMS, atau Facebook Messenger, sehingga bisnis dapat terhubung dengan pelanggan secara real-time, meningkatkan layanan pelanggan, sekaligus mendorong penjualan. 

Pada 2024, tren business messaging diprediksi akan berkembang pesat. Teknologi seperti AI dan Machine Learning akan membuka peluang baru bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih personal dan natural. Apa saja tren business messaging yang akan muncul? Temukan jawabannya dalam artikel ini! 

4 Tren Business Messaging di tahun 2024

tren business messaging di tahun 2024

Pada 2024 ini, tren business messaging mulai menekankan pentingnya membangun percakapan yang natural dan nyaman dengan pelanggan di platform yang mereka sukai. Berikut empat tren utama yang muncul. 

1. Conversational Marketing 

Dalam dunia marketing, interaksi dua arah dengan calon pelanggan menjadi semakin penting. Bisnis berlomba hadir di platform chat yang biasa digunakan pelanggan, seperti WhatsApp dan Telegram untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal dan interaktif. 

2. Conversational Commerce 

Di sektor e-commerce, fitur baru WhatsApp memungkinkan bisnis membuat alur percakapan yang memudahkan pelanggan melakukan berbagai hal, termasuk transaksi pembelian tanpa perlu keluar dari aplikasi. Selain WhatsApp, platform seperti Telegram, Line, Viber, dan Messenger juga semakin populer untuk conversational commerce. 

3. Conversational Support 

WhatsApp tetap menjadi pilihan utama untuk layanan customer support. Namun, penggunaan saluran lain seperti Telegram dan Messenger juga meningkat, menunjukkan bisnis kian menyesuaikan diri dengan kebiasaan pelanggan guna memberikan layanan yang lebih responsif dan fleksibel. 

4. Conversational AI 

Dengan semakin meluasnya penggunaan AI, banyak pelanggan yang tidak masalah berbagi informasi pribadi dengan virtual assistant, asalkan mereka mendapat jawaban yang akurat, personal, dan cepat. Ini membantu bisnis meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan melalui interaksi yang lebih cerdas dan responsif. 

Nah, dari empat tren di atas, dapat disimpulkan bahwa business messaging menjadi alat penting untuk membangun interaksi antara pelanggan dan bisnis melalui platform chat. Jika Anda tertarik menggunakan business messaging, penting untuk memahami konsep conversational experience yang merupakan bagian integral dari business messaging. Mari kita bahas lebih lanjut!  

Apa itu Conversational Experience?

apa itu conversational experience dalam tren business messaging

Conversational experience adalah pendekatan baru dalam berhubungan dengan pelanggan yang tidak hanya fokus pada penyelesaian masalah mereka tetapi juga membangun hubungan jangka panjang. Conversational experience dapat diibaratkan seperti mengobrol dengan teman baik yang memahami dan siap membantu Anda. Di dunia bisnis, ini bertujuan untuk mengubah interaksi yang kaku dan impersonal menjadi percakapan yang alami dan akrab. 

Terdapat tiga aspek penting dalam conversational experience yang memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih personal dan efektif, antara lain.  

Platform Komunikasi Percakapan 

Teknologi ini memungkinkan terjadinya “obrolan” dengan menghubungkan data, tools AI, dan berbagai saluran komunikasi yang digunakan. 

Conversational AI 

Menggunakan Machine Learning dan kemampuan pemahaman bahasa alami (Natural Language Understanding) untuk membuat percakapan antara pelanggan dan bisnis menjadi lebih natural dan responsif. 

Conversational Channels 

Ini adalah saluran yang digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Bisa melalui aplikasi chat di smartphone, chat di website, media sosial, SMS, hingga email. 

Bagaimana Penerapan Conversational Channel di Berbagai Industri 

Dalam conversational experience, aplikasi chat menjadi saluran yang paling banyak digunakan karena fiturnya yang dirancang untuk memudahkan komunikasi antar individu, sehingga cocok diterapkan dalam interaksi bisnis dan pelanggan. Berbagai industri telah menerapkan konsep ini. Mari kita bahas satu per satu. 

Ritel & E-Commerce 

Bisnis ritel dan e-commerce menggunakan aplikasi chat dan media sosial sebagai saluran penjualan, serta untuk bekerja sama dengan influencer dalam memperluas jangkauan pemasaran. Tren seperti iklan click-to-chat, virtual assistant, dan tracking pengiriman juga mulai digunakan untuk menarik pelanggan melalui interaksi yang dinamis. 

Keuangan 

Industri keuangan memiliki kebutuhan tinggi akan keamanan dan saluran komunikasi yang terpercaya, sehingga mengadopsi omnichannel melalui kombinasi SMS, email, dan audio untuk memastikan komunikasi yang aman dan efisien. 

Telekomunikasi 

Perusahaan telekomunikasi memanfaatkan chatbot untuk verifikasi pelanggan kartu SIM secara otomatis, dan Generative AI untuk membantu pelanggan serta staf dalam menyelesaikan berbagai tugas. 

Kesehatan

Kemajuan teknologi Generative AI membantu meningkatkan perawatan pasien. Kepercayaan pasien yang semakin tinggi terhadap chatbot juga menjadi pendorong utama penggunaan AI di sektor kesehatan. 

Jika Anda tertarik mengimplementasikan business messaging, solusi Jedi Communication Platform (JCP) adalah pilihan yang tepat. JCP memungkinkan bisnis Anda menghadirkan komunikasi yang lebih efisien, hemat biaya, dan fleksibel. Solusi ini dirancang untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, memastikan interaksi yang lebih baik dan lebih responsif. 

Baca Juga:  A to Z Tentang Chatbot AI untuk Bisnis: Pemahanan, Keunggulan, dan Manfaatnya 

Jedi Communication Platform, Solusi Pendukung Business Messaging 

Jedi Communication Platform (JCP) adalah solusi inovatif dalam Communication Platform as a Service (CPaaS) dan Software as a Service (SaaS), yang dirancang untuk menyederhanakan cara bisnis Anda berkomunikasi dengan pelanggan. 

JCP meningkatkan efisiensi operasional dan efektivitas anggaran dengan kemampuan integrasi yang kuat, memungkinkan Anda mengatasi berbagai tantangan pelanggan dari satu dashboard. Selain itu, dengan menggunakan Application Programming Interface (API), Anda dapat mengakses tools dan fitur pesan yang disediakan oleh penyedia CPaaS dan SaaS, memungkinkan targeting yang tepat berdasarkan perilaku, preferensi, kebutuhan, dan siklus pembelian pelanggan. 

Manfaat JCP untuk Bisnis 

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan Jedi Communication Platform (JCP) antara lain. 

  • Banyak Pilihan Saluran Komunikasi: Jangkau pelanggan Anda melalui berbagai saluran yang mereka sukai, seperti WhatsApp, SMS, email, dan media sosial. 
  • Hemat Waktu dan Biaya: Otomatisasi tugas dan integrasi platform membuat tim Anda lebih produktif dan menghemat biaya operasional. 
  • Pemenuhan Semua Kebutuhan: JCP membantu Anda mulai dari mendatangkan pelanggan baru (sales expertise & client onboarding) hingga memberikan layanan after-sales. 
  • Kerjasama yang Efektif: JCP memudahkan kolaborasi dengan partner untuk memasarkan produk atau layanan Anda (go-to-market partnership). 
  • Komunikasi yang Fleksibel: Sesuaikan komunikasi Anda dengan kebutuhan bisnis. Dengan JCP, Anda bisa dengan mudah mengikuti perubahan tren pasar dan preferensi pelanggan. 

Dapatkan Jedi Communication Platform hanya di JEDI 

Saatnya tingkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan Anda dengan Jedi Communication Platform (JCP) dari Jedi Solutions. Dengan tim IT yang kompeten dan bersertifikat,  Jedi Solutions menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, termasuk implementasi yang mudah, biaya lebih efisien, dan peningkatan keamanan. 

Dukungan jaringan Jedi Care selama 24/7 memastikan implementasi solusi JCP berjalan dengan lancar dan aman. Tertarik untuk mengimplementasikan JCP? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui link berikut 

Penulis: Wilsa Azmalia Putri – Content Writer CTI Group   

  

Latest Post

robotic process automation healthcare JEDI Process Automation

Robotic Process Automation dalam Kesehatan: Proses Cepat, Perawatan Optimal

Daftar Isi